4 Hal Penting Untuk Menjadi Tour Guide Yang Berhasil
Jika
bekerja di belakang meja atau berurusan dengan pembukuan bukanlah tipe
Anda, maka pilihan untuk menjadi seorang tour guide akan sangat
menyenangkan. Selain menikmati pemandangan yang indah, bertemu dengan
orang-orang baru, Anda juga bisa merancang petualangan yang bisa
dinikmati bersama klien anda.
Namun
apa yang dibutuhkan untuk menjadi seorang tour guide yang berhasil dan
bahkan bisa berkembang hingga menjadi sebuah agen pariwisata?
1. Riset dan memperlengkapi diri klik!!! IKLAN
Sebagai
seorang tour guide atau pemandu wisata, Anda harus memiliki pengetahuan
yang mendalam terhadap rute dan lokasi-lokasi yang akan menjadi tujuan
wisata yang Anda tawarkan. Untuk melakukan riset baik dengan membaca
literatur, buku sejarah, bertanya pada penduduk lokal, juga turun ke
lapangan langsung merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan
seorang pemula.
Selain
pengetahuan tentang rute wisata, Anda juga harus memiliki keahlian
bahasa yang baik, jika tidak, maka klien Anda akan terbatas pada
wisatawan lokal saja. Jadi, belajar bahasa adalah sebuah investasi
jangka panjang yang sangat menguntungkan.
2. Membangun jaringan klik!!! IKLAN
Terkadang
kita harus spesifik pada bidang keahlian kita, dan untuk kebutuhan
lainnya kita harus membangun kerjasama dengan orang lain. Contohnya
untuk masalah transportasi, Anda tidak harus memiliki kendaraan atau bus
sendiri, namun bisa membangun hubungan dengan penyewaan mobil dan bus.
Demikian juga untuk restoran, hotel, tempat wisata, dll. Bahkan jika
Anda sudah cukup dipercaya dan dikenal, Anda bisa mendapatkan diskon
khusus sehingga keuntungan Anda pun bisa bertambah.
3. Marketing klik!!! IKLAN
Investasi
yang ketiga adalah dalam promosi atau marketing. Mulai dengan
mengiklankan melalui berbagai media, membuat brosur, website atau blog
tentang travel, juga membuat event tertentu yang akan menaikkan branding
Anda sebagai seorang pemandu wisata yang dipercaya.
4. Menjaga kepuasan pelanggan klik!!! IKLAN
Salah
satu ukuran keberhasilan Anda adalah ketika pelanggan merasa puas dan
menceritakan pengalamannya berwisata bersama Anda kepada teman dan
keluarganya. Hal ini juga merupakan metode marketing paling efektif.
Jadi pastikan Anda memberikan pelayanan pelanggan sebaik mungkin.
Menjadi
tour guide adalah sebuah layanan jasa, untuk itu kemampuan Anda
membangun hubungan dengan klien dan terbuka terhadap kritik dan saran
mereka menjadi faktor yang akan membantu Anda terus bertumbuh. Tetaplah
terbuka untuk segala kemungkinan dan nikmatilah pekerjaan Anda. Selamat
mencoba.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar